Berikut adalah beberapa persiapan penting terkait dengan kepulangan Anda ke tanah air setelah menyelesaikan studi di Amerika Serikat. Semoga informasi ini, yang dirangkum dari pengalaman pribadi ketika mempersiapkan kepulangan ke tanah air pada Juni 2011 lalu, membantu memudahkan Anda.

1. Jika Anda ingin mengirim barang-barang dalam jumlah yang cukup banyak melalui pelabuhan laut, sebaiknya Anda mengurus dokumen Legalisasi Daftar Barang dan Surat Keterangan Barang ke KJRI terdekat. Adapun kegunaan dokumen ini adalah untuk mempermudah proses pengiriman barang dari U.S. dan mengurus pengambilannya di pelabuhan laut di Indonesia. Hendaknya dipahami bahwa pengambilan barang-barang tersebut di Indonesia tidaklah gratis, namun dikenai biaya dengan besaran Rp 4–7 juta bahkan lebih, tergantung dengan berapa banyak barang Anda.

Adapun hal-hal yang sebaiknya Anda perhatikan terkait dengan pemberian fasilitas ini oleh KJRI:

  • Merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan No. 28/PMK.04/2008 tentang Pembebasan Bea Masuk atas Impor Barang Pindahan (lihat Lampiran I_28PMK.04.2008.pdf), fasilitas ini diberikan kepada pelajar, mahasiswa atau orang yang belajar di luar negeri paling singkat 1 (satu) tahun (untuk kriteria lainnya, silahkan merujuk kepada peraturan dimaksud).
  • KJRI hanya akan menerbitkan dokumen kepada mahasiswa yang pernah melakukan Lapor Diri (silahkan baca https://mirisa.wordpress.com/2013/03/15/ketentuan-lapor-diri-bagi-wni-di-luar-negeri/ untuk informasinya)
  • Harap mengalokasikan waktu sekitar 5-8 minggu sebelum kepulangan ke Indonesia untuk penerbitan dokumen ini oleh KJRI
  • Mengajukan permohonan tertulis yang diketik dengan rapi, mengenai maksud dan tujuan mendapatkan dokumen tersebut. Dalam surat agar dicantumkan alamat pemohon di Indonesia, alamat terakhir di Amerika Serikat, tanggal kedatangan di Amerika Serikat dan tanggal kepulangan dari Amerika Serikat. Pemohon juga harus melampirkan dokumen sebagai berikut:

1) Fotokopi halaman depan paspor dan visa

2) Fotokopi bukti lapor diri di paspor

3) Surat keterangan telah menyelesaikan studi dari pihak universitas, bisa diminta ke International Student and Scholar Office, International Admission atau Registrar Office. Penting bahwa pihak sekolah menyebutkan surat keterangan ini diterbitkan untuk pengurusan fasilitas imigrasi barang pindahan ke KJRI.

4) Daftar barang-barang yang akan dikirim termasuk keterangan jumlah dan kondisi barang

5) Biaya sebesar $20 (ada KJRI yang menarik fee sebesar $15) dalam bentuk Money Order payable to: Consulate General of the Republic of Indonesia, … (diisi dengan nama KJRI setempat). Money Order ini bisa didapatkan di USPS dengan membayar $20 + $1.25 (biaya warkat) secara tunai

6) Itinerary atau flight schedule (jika ada)

7) Amplop balasan dengan perangko yang telah dibayarkan (postage paid) yang ditujukan kepada Anda dari KJRI setempat sebagai pengirim

2. Jasa shipping provider yang bisa digunakan adalah American Multimodal International Deliveries (AMID Logistics, LLC).

Website perusahaan: http://www.oceanfreightusa.com

Melayani shipping ke Indonesia dengan tujuan pelabuhan-pelabuhan berikut: Belawan, Batam, Jakarta, Semarang, Surabaya dan Balikpapan.

Harap diperhatikan bahwa dokumen Legalisasi Daftar Barang dan Surat Keterangan Barang merupakan syarat utama bagi penerbitan invoice dan pengiriman barang Anda.

Anda tidak harus memesan satu container untuk barang-barang Anda, namun bisa dengan hitungan palet (barang-barang diletakkan dalam kardus yang kemudian disusun di palet). Anda juga bisa mengakses website tersebut dan menggunakan self calculator untuk menghitung berapa taksiran biaya yang harus dibayarkan untuk mengirim barang-barang dengan opsi: mengantar sendiri ke loket drop off terdekat; mengantar sendiri ke kantor utama terdekat; atau layanan jemputan oleh pihak provider ke tempat tinggal Anda.

3. Salah satu yang bisa dijadikan alternatif untuk pengiriman barang adalah jasa U.S. Postal Service Large Flat Rate Box yang bisa diisi hingga batas maksimum 20 lbs. (sekitar 9,07 kg) dengan dimensi 12 x 12 x 5,5 inchi (sekitar 31 x 31 x 14 cm). Saya menggunakan pilihan ini untuk mengirimkan buku-buku, dengan biaya flat rate sebesar $58.50 per boks. Setibanya di Indonesia, paket-paket ini harus saya ambil di kantor pos terdekat dengan membayar cukai sebesar Rp 7.000,- untuk setiap boks (besaran cukai disesuaikan dengan laporan nilai barang yang tertera di formulir custom declaration. Jika nilai yang dilaporkan kurang dari atau sama dengan $50 akan dikenai cukai sebesar Rp 7.000,-). Jika mengirimkan dengan jasa pos, maka Anda tidak perlu mengurus dokumen Legalisasi Daftar Barang dan Surat Keterangan Barang dari KJRI.

4. Jangan lupa mengurus beberapa hal penting lain seperti degree of completion letter, transkrip, dan ijazah, sebelum kembali ke tanah air. Beberapa pertimbangan mengapa dokumen-dokumen penting ini harus diurus sebelum pulang: (i) koneksi internet. Beberapa universitas membolehkan pengurusan online, namun sering kali server memiliki time limit access. Dengan kondisi internet yang lambat, seringkali muncul pesan “request time out” berkali-kali dan gagal untuk diproses hingga selesai. (ii) Cara pembayaran, beberapa universitas hanya mengakui pembayaran dengan kartu yang diterbitkan oleh U.S. bank atas nama Anda. Bagi yang sudah terlanjur menutup rekening sebelum pulang, maka ini akan menjadi blunder besar karena proses ini tidak bisa diwakilkan dengan menggunakan akun bank orang lain.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan:

  • Ijazah membutuhkan waktu 8 minggu hingga 3 bulan untuk dikirimkan ke alamat Anda di tanah air. Pihak universitas biasanya hanya akan menerbitkan satu ijazah, namun jika Anda ingin mendapatkan duplikat ijazah (misalnya karena ingin dihadiahkan kepada American family), bisa diurus ke Registrar Office dengan membayar $15 dollar per buah (bisa berbeda antara universitas satu dengan lainnya)
  • Transkrip harus Anda minta sendiri ke Registrar Office dengan membayar $5 per copy dan tidak ada batasan tentang jumlah copy yang bisa diterbitkan. Sekali lagi, ini bisa berbeda dari satu universitas dengan universitas lain. Namun dalam kasus transkrip tidak dikirimkan bersama ijazah karena Anda harus membayar, akan sangat membantu jika hal ini sudah diantisipasi sebelumnya.
  • Mengingat waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan ijazah, pihak universitas, atas permintaan Anda, bisa menerbitkan degree of completion letter yang mungkin dibutuhkan untuk melamar kerja atau untuk keperluan lainnya.

5. Ada beberapa pilihan yang tersedia untuk membawa pulang uang ke tanah air, yakni:

  • Pihak bank di Amerika Serikat bisa menerbitkan warkat teller yang bisa dicairkan di Indonesia, uang akan Anda terima dalam bentuk local currency (Rupiah)
  • Anda bisa menarik tunai seluruh uang Anda, kemudian membeli warkat traveller’s cheque dari pihak ketiga (beberapa bank seperti Bank of America sudah tidak lagi menerbitkannya). Pilihan ini juga akan membuat uang dollar Anda terkonversi menjadi Rupiah
  • Wire transfer dari rekening Anda di Amerika Serikat ke rekening Anda di Indonesia (jika rekening rupiah, uang akan diterima dalam bentuk Rupiah; namun akan tetap dalam bentuk dollar jika rekening penerima dalam dollar). Untuk transaksi ini, bank di Amerika Serikat akan mengenakan biaya $45 dan dan bank di Indonesia akan mengenakan biaya $15
  • Jika Anda memilih untuk membawa dollar dalam bentuk uang kertas, mintalah pecahan besar ($100), kondisi bagus dan tidak kumal, tahun keluar minimal 2005 (BI sangat ketat dengan tahun keluar dollar yang beredar di Indonesia), dan hindari seri CB (hanya bisa ditukar di money changer, bank-bank akan menolak seri ini atas instruksi BI). Karena restriksi ini, ada baiknya menelpon pihak bank 2-3 hari kerja sebelum Anda ingin melakukan tarik tunai, karena bank biasanya tidak memiliki stok dollar dengan kondisi tersebut di atas dalam jumlah banyak.

6. Terkait dengan barang bawaan penumpang (silahkan merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan No. 188/PMK.04/2010, lihat Lampiran II_188PMK.04.2010.pdf), flight attendant akan membagikan formulir custom declaration sebelum pesawat mendarat di Indonesia. Anda hanya perlu memberitahu tentang barang-barang yang dibawa di cabin luggage, bukan di check-in luggages. Sebelum keluar ke ruang tunggu, Anda akan diminta oleh petugas bea cukai untuk meletakkan barang bawaan cabin tersebut bukan barang bawaan check-in melewati mesin X-Ray. Dalam kondisi petugas menemukan ketidaksesuaian antara formulir custom declaration dengan pantauan X-Ray, petugas berhak melakukan pemeriksaan fisik terhadap barang bawaan dan mungkin akan dikenai cukai. Pembebasan cukai diberikan kepada barang pribadi penumpang yang nilai pabeannya tidak melebihi FOB $250 atau FOB $1.000 untuk setiap keluarga. Pengalaman saya, stempel imigrasi berangkat 30 Mei 2009 dan kedatangan 15 Juni 2011 cukup menjadi bukti bahwa saya tidak baru borong belanja elektronik sehingga terbebas dari cukai.

7. AMINEF akan memfasilitasi tiket pulang Anda ke Indonesia. Silahkan menghubungi AMINEF sebelum kepulangan Anda untuk prosedurnya. Harap mengalokasikan waktu yang cukup untuk proses ini karena uang tiket akan ditransfer oleh AMINEF ke rekening bank Anda di Amerika Serikat.

Catatan:

(1) Peraturan Menteri Keuangan tentang Pembebasan Bea Masuk atas Impor Barang Pindahan dan Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang, Awak Sarana Pengangkut, Pelintas Batas dan Barang Kiriman mungkin telah diperbaharui. Ada baiknya jika mengecek dan menjadikan aturan baru tersebut sebagai rujukan.

(2) Tarif servis USPS untuk Large Flat Rate Box International telah mengalami kenaikan, yakni sebesar $77.95

Mirisa Hasfaria

2009 Fulbrigt Tsunami Relief Initiative

University of Arkansas, Fayetteville, Class of 2011

Lampiran I_28PMK.04.2008

Lampiran II_188PMK.04.2010

Advertisements